Sunday, May 22, 2011

PENTAS SENI DAN PERPISAHAN SD SAINS AL BIRUNI 2011

Istilah “Kebudayaan dalam masyarakat umum cenderung diartikan secara sempit. Menyebut kebudayaan biasanya menunjuk jenis-jenis kesenian, seperti seni rupa, tari, musik, sastera, dan drama. Para ahli antropologi budaya menegaskan kesempitan pengertian tadi hanya meliputi bagian-bagian yang indah dari kehidupan manusia (Koetjaraningrat, 1990).
Akhir-akhir ini kesenian tradisi seperti yang banyak terdapat di Indonesia tidak luput dari pengaruh luar. Pengaruh tersebut datang melalui hubungan antarbudaya dan juga melalui berbagai media massa. Selain itu pada kenyataannya dua-tiga dasawarsa belakangan ini banyak kesenian tradisi telah punah. Sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia memiliki perhatian dalam pelestarian kesenian tradisional sebagaimana diamanatkan oleh lembaga tertinggi negara berikut ini:
“Pengembangan kesenian sebagai ungkapan budaya perlu diusahakan agar mampu menampung dan menumbuhkan daya cipta para seniman, meningkatkan apresiasi seni masyarakat, memperluas kesempatan masyarakan untuk menikmati seni budaya bangsa serta membangkitkan semangat dan gairah membangun. Dalam hubungan ini kesenian daerah perlu dipelihara dan dikembangkan untuk melestarikan dan memperkaya keragaman budaya bangsa Indonesia.”
Oleh karena itu kebudayaan nasional perlu dipelihara dan dibina untuk menumbuhkan kesadaran sejarah, semangat perjuangan dan cinta tanah air serta memelihara kelestarian budaya Indonesia. Melalui pentas seni dan perpisahan ini mari kita lestarikan kebudayaan nasional Indonesia.

I. Tujuan Kegiatan Pentas seni dan Perpisahan ini bertujuan:
a.Meningkatkan rasa nasionalisme siswa yang berlandaskan Islam
b.Menumbuhkan semangat perjuangan dan cinta tanah air yang Islami
c.Meningkatkan kreativitas seni siswa SD Sains Albiruni sesuai dengan ajaran Islam
d.Melestarikan kebudayaan Indonesia
e.Melepas siswa siswi kelas 6 SD Sains Albiruni

II.Nama Kegiatan
Nama kegiatan yang dilaksanakan adalah Pentas Seni dan Perpisahan 2011 dengan tema Kebudayaan Indonesia dan berJudul “Dengan pentas seni dan perpisahan kita lestarikan kebudayaan Indonesia”.

III. Waktu dan Tempat Kegiatan
Hari : Sabtu
Tanggal : 25 Juni 2011
Tempat : SD Sains Al Biruni
Jalan Panyileukan No.11 Soekarno-Hatta Bandung

IV. Bentuk dan Peserta Kegiatan
Bentuk kegiatan dalam acara ini adalah : Upacara Adat Pelepasan Siswa-siswi kelas 6 dan serta kreasi seni masing-masing kelas SD Sain Al Biruni

No comments:

Post a Comment